Monday, May 11, 2015

layanan-layanan di internet



Layanan-layanan di Internet
a.      WWW (World Wide Web)
Layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung di computer client dengan menggunakan protocol HTTP (Hiper Text Transfer Protocol) dan program aplikasi browser internet.
b.     FTP (File Transfer Protocol)
Layanan ini digunakan untuk memindahkan file dari satu Komputer  ke komputer lain di internet dengan konsep client server. Sebagai pengguna Komputer client, kita bias mengkopi file yang tersedia pada komputer server di internet menggunakan layanan FTP.
c.      E-mail (Electronic Mail)
Fasilitas ini digunakan untuk komunikasi pengguna internet melalui surat elektronik, yaitu surat dalam bentuk file yang bisa dibuka/dibaca di komputer. Pengguna internet yang lain memanfaatkan layanan ini harus mendaftar (melakukan registrasi) pada komputer server penyedia layanan e-mail. Setelah mendaftar, pengguna akan mendapatkan alamat e-mail yang dapat diakses dengan memasukkan nama pemakai (user name) dan kata sandi (password).
d.     Milist
       Merupakan sebuah alamat e-mail yang di dalamnya berisi kumpulan alamat e-mail anggotanya.  
e.      News Group (kelompok diskusi)
Merupakan layanan untuk menyampaikan pendapat atau memberikan tanggapan atas topik tertentu. Pendapat atau tanggapan di news group dapat dibaca oleh semua penggunanya. Pesan dan tanggapan tidak dikirim ke alamat e-mail anggota news group tersebut. Anggota yang akan mengirim komentar atau tanggapan akan membuka halaman (situs) news group tersebut dan menuliskan tanggapannya langsung di halaman tersebut.
f.       Telnet
Digunakan untuk mengakses data di komputer lain di internet dan menjalankan program-program di dalamnya. Pengguna harus melakukan registrasi di komputer server untuk dapat mengakses layanan ini.  
g.     Gopher
Merupakan layanan internet berbasis teks yang dikembangkan di University of Minnesota. Layanan gopher ini sekarang sudah tergantikan oleh layanan WWW yang mampu menampilkan aspek grafis, tidak hanya teks.
h.     IRC (Internet Relay Chat)
Layanan ini hamper sama dengan news group,tetapi tidak dikhususkan pada topic tertentu. Untuk menggunakan layanan ini (Chatting), pengguna biasanya cukup mendaftar ke server IRC yang digunakan.
i.        VOIP (Voice Over Internet Protocol)
Merupakan layanan untuk menelpon melalui internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlokal/internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telepon local.

0 comments:

Post a Comment